Muskal BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera Tahun 2023 & Muskal Tindak Lanjut Program Review Tahun 2024

31 Mei 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 172 Kali
Muskal BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera Tahun 2023 & Muskal Tindak Lanjut Program Review Tahun 2024

Pada hari Jum'at, 31 Mei 2024 telah diselenggarakan Musyawarah Kalurahan di ruang aula Kalurahan Guwosari. Musyawarah Kalurahan dihadiri oleh Panewu Pajangan, Kapolsek Pajangan, Danramil Pajangan, Ketua dan Anggota Bamuskal Guwosari, Bapak Masduki Rahmad, SIP Selaku lurah Guwosari, Bapak Nur Hidayad selaku carik, jajaran Kasi/Kaur, Dukuh se-Guwosari, staf dan direksi BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera.  Musyawarah tersebut membahas kaitannya dengan 3 hal, diantaranya adalah:

a. Muskal Lanjutan LPJ BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera Tahun 2023
b. Muskal Pengangkatan Direktur dan Pengawas Bumkal Guwosari Maju Sejahtera
c. Muskal Tindak Lanjut Program Review Tahun 2024

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Nur Kholis, S.Sos.I selaku ketua Musyawarah Kalurahan pada pukul 13.30 WIB, dengan menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan yang sudah berkenan hadir, dan diawali pembacaan Bassmallah. Selanjutnya rapat dipimpin oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H dengan diawali penyampaian ungkapan terima kasih kepada seluruh peserta rapat yang telah hadir. Beliau berharap acara Musyawarah Kalurahan berlangsung dengan baik dan tertib sehingga mampu mendapatkan hasil sesuai dengan harapan serta mendapatkan manfaat untuk seluruh Masyarakat Guwosari.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwasanya terdapat 2 pembahasan yang akan dipaparkan melalui Musyawarah Kalurahan, yaitu terkait dengan BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera dan Program Review.    Terkait Program Review hari ini akan dibahas melalui Musyawarah Kalurahan terkait Program review, yang hasilnya akan menjadi PERKAL Guwosari.

Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku Lurah Guwosari menyampaikan sambutan dan paparan materi untuk Musyawarah Kalurahan. Musyawarah Kalurahan tersebut merupakan upaya demokrasi dalam menegakkan Peraturan Kalurahan Guwosari untuk menetapkan PERKAL Guwosari. Dalam menindaklanjuti hasil Musyawarah sebelumnya, Pemerintah kalurahan Guwosari sudah melakukan koordinasi dan akan menetapkan Direktur Bumkal yaitu Bapak Hendri dan menetapkan Pengawas yaitu Bapak Sigit dan Ibu Ari Mujahadah, SIP. Selanjutnya terkait dengan program review apapun yang menjadi hasil dari Muskal hari ini, akan menjadi acuan dalam pembuatan RKP 2025. 

Dilanjutkan penyampaian materi oleh Ibu Ari Mujahadah, SIP. Selaku mewakili Bapak Panewu pajangan Bapak Anjar Arintaka Putra, S.SOS, MM. Beliau memberikan apresiasi kepada Kalurahan Guwosari, sehingga Musyawarah Kalurahan Lanjutan mengenai LPJ BUMKAL bisa mendapatkan manfaat dan kemajuan penyusunan LPJ BUMKAL Guwosari.

Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H melanjutkan penyampaian materi mengenai Program Review, bahwa hasil kegiatan dari 2 program yg di Review yaitu Pelatihan Kewirausahaan Pemuda dan Pelatihan disabilitas bahwa kegiatan perlu di lanjutkan dan ada beberapa hal yang perlu di perbaiki. Masukan warga penilai yaitu perlu adanya program baru yang terkait dengan kebutuhan psikologis.Sedangkan masukan terkait Program Pelatihan Kewirausahaan pemuda harus ada monitoring evaluasi, dilakukan pendampingan usaha. Serta untuk Pelatihan Disabilitas perlu Merekrut pendamping dan pendamping tersebut diberikan honorarium.

Selanjutnya terdapat penyampaian materi, usulan dan tanggapan dari berbagai pihak terkait khususnya BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera. Pada akhir musyawarah, telah didapatkan kesimpulan dari terselenggaranya acara tersebut, diantaranya:
a. Dokumen Program Kerja, Tatib dan SOP BUMKAL Guwosari Maju Sejahtera diterima tanpa catatan.
b. Ditetapkan untuk Bapak Hendri sebagai Direktur dan Ibu Ari Mujahadah SIP. Di tetapkan sebagai pengawas Bumkal Guwosari maju Sejahtera.
c. Mas Hendri dilanjutkan, Mba Uswatun dilanjutkan, dan Mas Iqbal diberikan toleransi 1 bulan untuk evaluasi dan perbaikan kinerjanya.
d. Bapak Sigit sebagai Ketua Dewan pengawas Bumkal Guwosari Maju Sejahtera.