Pelatihan Warga Penilai dalam Program Review Kalurahan Guwosari

14 Mei 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 224 Kali
Pelatihan Warga Penilai dalam Program Review Kalurahan Guwosari

Selasa, 14 Mei 2024 telah diselenggarakan pelatihan untuk warga penilai dalam Program Review Kalurahan Guwosari. Pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang aula Kalurahan Guwosari dengan dihadiri oleh seluruh panitia pelaksana Program Review, perwakilan Alterasi Indonesia serta 27 orang warga penilai. Pelatihan diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga penilai terkait dengan gambaran teknis pelaksanaan dan kontribusi mereka dalam memaksimalkan acara. Selain itu, untuk memastikan bahwa warga penilai yang terpilih sudah memahami peran dan tugasnya dalam proses pelaksanaan Program Review.

Acara dibuka oleh Bapak Nur Kholis, S.Sos.I selaku sekretaris panitia. Hadir dan turut memberikan sambutan yakni Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku lurah Guwosari. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan dengan terselenggara Program Review, warga penilai yang sudah ditunjuk mampu mengkritisi program-program yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kalurahan. Beliau menambahkan bahwa Program Review ini pertama kali dilakukan di Indonesia dan tepatnya di kalurahan Guwosari dan Kalurahan Sriharjo sejak tahun 2022.

Selanjutnya adalah acara inti yang dipimpin oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H selaku ketua Bamuskal Guwosari. Beliau menyampaikan materi terkait dengan proses secara teknis pelaksanaan Program Review. Diharapkan warga penilai yang berkontribusi mampu memahami tugasnya dengan baik. Menurutnya, hal utama yang harus diperhatikan selama pelaksanaan adalah ketepatan waktu untuk setiap prosesnya. Sehingga Proram Review mampu terlaksana sesuai dengan rundown yang telah disusun.

Acara selanjutnya adalah paparan materi dari Bapak Sunaryo Hadi Winowo selaku perwakilan Alterasi Indonesia. Beliau menyampaikan pengantar Program Review kepada seluruh peserta warga penilai. Selain itu, beliau juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya Program Review, asal usul pelaksanaan Program Review serta perkembangannya saat ini di beberapa kota lainnya. Pada akhir acara, Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H mempersilahkan warga penilai untuk melakukan sesi tanya jawab. Dilanjutkan dengan penutupan acara pelatihan oleh Bapak Nur Kholis, S.Sos.I.

Terlaksananya pelatihan terhadap warga penilai, mereka lebih mampu mengetahui peran dan tugasnya dalam pelaksanaan Program Review. Disisi lainnya, warga penila juga semakin memiliki kedekatan dengan pemerintah Kalurahan Guwosari. Sehingga tidak akan ada jarak dan rasa asing dengan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kalurahan.(Venni)