KKN-PM AMPTA Mengikuti Pertemuan Posyandu Lansia Anggrek Watu Gedug

13 Oktober 2024
KKN AMPTA
Dibaca 12 Kali
KKN-PM AMPTA Mengikuti Pertemuan Posyandu Lansia Anggrek Watu Gedug

Guwosari, Minggu 6 Oktober 2024 - Pada pukul 08.00 - 10.00 WIB mahasiswa KKN mengikuti kegiatan rutin Posyandu Lansia Anggrek yang bertempat di rumah Bapak Mistijan Dukuh Padukuhan Watu Gedug. Posyandu lansia diikuti oleh masayarakat lansia di Watu Gedug. Setiap posyandu memiliki kader-kader yang akan mendata kegiatan posyandu.

 

Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan posyandu lansia ini adalah menimbang berat badan, tensi darah. Biasanya setiap 2 bulan sekali juga ada cek gula darah dan cek kolesterol. Selain itu, para lansia akan diajak untuk senam tangan dan senam badan ringan. 

 

Manfaat Senam Tangan:

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot: Senam tangan dapat membantu memperkuat otot-otot di lengan dan tangan, yang penting untuk aktivitas sehari-hari.
  2. Meningkatkan Fleksibilitas: Gerakan yang dilakukan membantu menjaga dan meningkatkan fleksibilitas sendi.
  3. Koordinasi dan Keseimbangan: Melatih koordinasi tangan dan mata serta meningkatkan keseimbangan, yang penting untuk mencegah jatuh.
  4. Peredaran Darah yang Baik: Aktivitas fisik ringan meningkatkan sirkulasi darah, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat Senam Otak:

  1. Meningkatkan Kognisi: Latihan otak membantu menjaga fungsi kognitif, meningkatkan memori, dan keterampilan berpikir.
  2. Mengurangi Risiko Demensia: Aktivitas yang merangsang otak dapat mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer.
  3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi: Latihan yang melibatkan konsentrasi dapat membantu meningkatkan fokus.
  4. Kesejahteraan Emosional: Aktivitas mental yang menyenangkan dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Kombinasi dari kedua jenis senam ini dapat membantu lansia tetap aktif secara fisik dan mental, meningkatkan kualitas hidup, dan mempertahankan kemandirian.

Mahasiswa KKN juga turut serta dalam membantu para kader posyandu untuk mendata berat badan dan tensi para lansia. Setelah kegiatan posyandu berakhir para lansia akan diberikan sarapan yang bergizi dan sarapan bersama-sama.Â