Bamuskal Hadir dalam Sidang Kesepakatan Raperkal Perubahan APBKal Tahun 2024

12 September 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 42 Kali
Bamuskal Hadir dalam Sidang Kesepakatan Raperkal Perubahan APBKal Tahun 2024

Pada hari Kamis, 12 September 2024 telah dilaksanakan sidang kesepakatan Raperkal Perubahan APBKal Tahun 2024, di ruang aula kalurahan Guwosari. Sidang ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB s/d selesai. Setelah melewati proses pembahasan yang melibatkan berbagai pihak, termasuk perangkat kalurahan dan masyarakat maka didapatkan hasil yang disetujui bersama. Pemerintah Kalurahan Guwosari bersama dengan Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) telah resmi menyetujui perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal) Tahun 2024. 

Diketahui hal utama yang menunjang perubahan APBKal ini adalah dilaksanakannya rasionalisasi anggaran. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggapan terhadap penurunan pedapatan yang dialami Kalurahan Guwosari, utamanya dari sektor Pendapatan Asli Desa (PAD). Penurunan PAD ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kondisi ekonomi yang dinamis dan perpanjangan masa jabatan Lurah.

Terlaksananya rasionalisasi anggaran, berdampak adanya penyesuaian alokasi dana untuk beberapa program/kegiatan. Meskipun demikian, program-program prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya akan mendapatkan perhatian utama dalam proses realisasinya. Dengan disetujuinya perubahan APBKal ini, diharapkan pelaksanaan program-program pembangunan di Kalurahan Guwosari dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Masyarakat pun diharapkan dapat merasakan manfaat langsung dari perubahan anggaran tersebut.(Venni)